Perkembangan Teknologi Di Bidang Otomotif Tahun 2017

Teknologi terus berkembang tak ada hentinya dari waktu ke waktu. Bidang yang disasak atas perkembangan teknologi pun tak hanya satu dua saja. Melainkan begitu banyak dan rasanya kalau melihat perkembangan zaman yang masyarakat modern serba ingin praktis seperti sekarang ini, sepertinya seluruh bidang dalam kehidupan pun mengalami dan memanfaatkan perkembangan teknologi canggih yang ada. Tak terkeculali di bidang otomotif. Teknologi otomotif dunia mengalami perkembangan yang begitu pesat, tak kalah dengan perkembangan teknologi pada perlengkapan elektronik. Di industri otomotif, perkembangan teknologi pun terjadi di berbagai sektor, mulai dari desain interiornya, eksteriornya, system kelistrikan, konstruksi mesin, sampai dengan sistem pengapian. Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi di bidang otomotif berjalan terus secara berkelanjutan.

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia otomotif sampai dengan tahun 2017 ini mulai dilakukannya riset pemakaian motor listrik di kendaraan guna menggantikan mesin konvensional yang selama ini sudah jadi sumber tenaga dari sebuah kendaraan. Ini adalah salah satu yang menunjukkan pesatnya perkembangan teknologi di bidang otomotif. Sensasi mengendari kendaraan listrik sepertinya bakal terasa berbeda jika dibandingkan dengan mengendari kendaraan motor konvensional pada umumnya. Motor listrik lebih senyap dan bakal menghadirkan suasana berkendara yang lebih nyaman dengan senyapnya suara tersebut.

Tidak jauh-jauh, kita bisa melihat perkembangan dari motor matic, yang kini seolah menjadi primadona dari semua jenis motor. Awal kemunculan motor matic mungkin masih sangat banyak pengendara yang canggung karena tidak adanya persneling untuk oper gigi ketika menjalankan sebuah motor matic. Dalam hal perubahan dari motor persneling dengan motor matic sepertinya adalah perubahan yang tidak terlalu mendasar. Pasalnya kita masih bisa untuk mendengarkan suara bensin yang lumayan berisik dan masih termasuk mesin konvensional. Lantas, seperti apa kalau mesin motor elekrik ? Jelas ada sensasi baru tersendiri yang berbeda. Dari hilangnya sensasi mengoper gigi pastinya, lalu suara yang berisik pun berkurang bahkan hilang.

Sebetulnnya ide pemakaian motor listrik di kendaraan sudah ada beberapa tahun yang lalu, bukan ide baru. Seiringan dengan adanya mobil hybrid yang membawa dua jenis mesin dengan aliran yang tidak sama, yakni mesin berbahan bakar minyak serta mesin listrik. Dimana punya tujuan utama adalah penghematan bahan bakar serta meminimalisir jumlah polusi udara yang dihasilkan. Namun kendaraan model seperti ini memang punya harga yang relatuf mahal. Sekarang ini tak sedikit produsen otomotif yang melirik untuk mengembangkan kendaraan listrik yang seluruhnya free emisi buang gas. Pastinya perubahan dari mesin biasa ke mesin listrik tidaklah gampang. Masih ada banyak hal yang memang perlu dipertimbangkan. Seperti masalah teknis contohnya masalah pembangunan pabrik khusus, masalah non teknis belum lagi seperti kebijakan politik, ekonomi dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *