Mengenal Digicoop, Ponsel Pintar Buatan Anak Negeri

Ponsel kini seolah telah berubah sifatnya menjadi kebutuhan primer bagi hampir semua orang. Hal ini lantaran kebutuhan untuk bisa berinteraksi dengan orang lain semakin besar. Alat komunikasi ini bukan hanya benda yang bisa digunakan untuk telepon dan sms namun sudah memiliki fungsi lengkap lainnya sehingga banyak yang menyebutnya ponsel pintar. Indonesia sendiri sudah dibanjiri oleh produk luar negeri. Namun kini Indonesia pun berusaha bangkit dan mengejar ketertinggalan dengan memunculkan Digicoop yang merupakan hasil karya dari anak negeri ini.

Digicoop ini merupakan ponsel yang dikembangkan oleh para peneliti di ITB yang didanai oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Di akhir tahun 2016 lalu, ponsel ini telah mendapat Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri dengan nilai mencapai 20,2%. Kini Digicoop telah diproduksi secara masal didasarkan kerja sama ITB dan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang teknologi di kawasan pabrik Cikarang, Bekasi. Nantinya, proses pemasaran akan diserahkan kepada Koperasi Digital Indonesia Mandiri.

Digicoop seri pertama diberi nama Digicoop 01. Digicoop ini menggunakan sistem operasi yang dibuat sendiri yaitu ID3OS dengan RAM 1GB dan ROM 8GB dengan kapasitas memori eksternal hingga 32GB. Seperti halnya ponsel pintar lainnya, Digicoop 01 ini dilengkapi dengan kamera depan 2MP dan kamera belakang sebesar 5MP. Sistem ID3OS juga dilengkapi dengan tombol darurat yang diberi nama Panic Button sehingga bisa dipergunakan dalam kondisi tertentu.

Dengan konektivitas 4G yang dimilikinya, maka Digicoop bisa dipergunakan untuk nonton video, bermusik dan masih banyak lagi seperti ponsel pada umumnya. Digicoop ini telah dirancang untuk bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan sehingga dibekali inovasi splitscreen sehingga memungkinkan untuk menampilkan iklan pada layar utamanya. Dengan munculnya Digicoop ini, diharapkan agar nantinya masyarakat pun bisa mendapatkan kemaslahatan karena hasil dari iklan akan dipergunakan untuk hal lain yang bermanfaat. Diharapkan agar seluruh masyarakat juga bisa memanfaatkan Digicoop ini sehingga menyumbang untuk kemajuan bangsa karena menggunakan produk dari dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *