Berbagai Kegunaan Adanya Teknologi Virtual Reality

Apabila berbicara tentang virtual reality, sepertinya salah satu teknologi canggih yang di tahun 2017 ini semakin populer sudah tidak terlalu asing lagi untuk sebagian besar masyarakat kita. Seperti yang kita tahu juga kalau perkembangan zaman yang terus terjadi membuat masyarakat pun semakin melek akan teknologi terkini. Sehingga merupakan hal yang wajar kalau hadirnya teknologi canggih yang terbaru pun cukup cepat untuk menerima dan mengenalnya. Ya, termasuk teknologi canggih seperti virtual reality atau VR ini. Virtual reality tidaklah lain merupakan sebuah teknologi yang hadir untuk penggunanya bisa melakukan interaksi pada objek grafis dengan visualisasi 3D maupun gambar berhologram. Adanya teknologi VR ini membuat penggunanya bisa seolah berada di lingkungan nyata padahal sedang menyelami dunia maya, yakni dunia virtual.

Sekarang ini teknologi virtual reality berkembang dengan begitu pesat dan terus terjadi perkembangannya dari tahun ke tahun. Sehingga membuat teknologi VR pun berguna di berbagai bidang. Mulai dari di bidang kedokteran, bidang penerbangan, militer, sampai dengan berguna sebagai sarana hiburan untuk bermain game 3 dimensi. Nah, kegunaan teknologi VR di berbagai bidang tersebut yang akan menjadi pembahasan dalam artikel kali ini. Supaya kita juga semakin mengenal seperti apa peran teknologi virtual reality dalam kehidupan di era yang terus berkembang dan mengalami kemajuan ini.

Pada bidang kedokteran sendiri, virtual reality umumnya dipakai guna mendeskripsikan bagian anatomi tubuh, sehingga berbagai organ yang ada di dalam tubuh bisa terlihat lebih jelas dan lebih nyata. Kemudian untuk di bidang penerbangan sendiri, teknologi VR dimanfaatkan untuk dimulasi penerbangan bagi para pilot. Simulasi penerbangan tentu sangatlah diperlukan sebagai bentuk persiapan seorang pilot sebelum benar-benar lepas landas membawa pesawat. Dimulasi penerbangan dalam memanfaatkan teknologi VR ini meliputi cara menerbangkan pesawat di berbagai keadaan cuaca, kemudian cara berkomunikasi antar pesawat satu dengan pesawat yang lainnya maupun komunikasi dengan bandara, sampai dengan cara mengatasi kondisi yang darurat dalam penerbangan. Simulasi yang demikian tersebut bertujuan supaya pilot bisa lebih terbiasa serta mengenal berbagai medan saat terbang dengan pesawat. Selain itu juga agar lebih memperoleh pengalaman yang lebih mencukupi ketika pilot menerbangkan pesawat yang sebenarnya nanti.

Teknologi virtual reality tak hanya berguna untuk simulasi bagi para pilot sebelum menerbangkan pesawat saja, namun juga berguna untuk simulasi perang bagi para anggota militer. Para tentara militer dengan adanya simulasi perang menggunakan teknologi virtual reality ini akan merasakan situasi di medan pertempuran yang nampak seolah nyata. Langkah tersebut dirasa cukup efektif dalam mengadakan latihan perang bagi para tentara. Lain daripada itu, kegunaan lain dari teknologi VR adalah untuk hiburan. Sekarang sudah semakin banyak perusahaan teknologi yang menghadirkan kacamata VR yang bahkan dengan mudahnya dapat digunakan dengan menjadikan smartphone sebagai platformnya alias sebagai layarnya. Sehingga pengguna bisa bermain game 3 dimensi dengan mudah lantaran cukup mudahnya juga untuk menemukan serta membeli kacamata VR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *