6 Bidang Yang Merasakan Manfaat Dari Terknologi Virtual Reality

Apabila berbicara tentang perkembangan teknologi, memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena memang perkembangan zaman yang berjalan, dengan gaya hidup masyarakatnya yang turut mengikuti zaman, menjadikan teknologi yang ada pun semakin menunjukkan trend terkini yang bahkan perkembangannya sangat pesat. Termasuk di tahun 2017 ini, tak sedikit teknologi-teknologi baru yang ciamik dan canggih semakin menunjukkan eksistensinya. Seperti salah satunya adalah teknologi virtual reality (VR) yang semakin populer dan semakin banyak digandrungi oleh masyarakat yang melek teknologi. Virtual reality sendiri bisa kita artikal sebagai teknologi digital yang berguna untuk menyuguhkan pengalaman lingkungan virtual kepada penggunanya. Sehingga penggunanya dapat terbawa seolah di dunia nyata, padahal hanya di dunia virtual saja.

Harus bisa diakui bahwa memang dengan kecanggihan teknologi virtual reality ini memberikan manfaat juga dalam mendukung kehidupan manusia. Bahkan setidaknya ada 6 bidang yang dapat merasakan manfaat dari adanya teknologi VR. 6 bidang yang dimaksudkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Hiburan

Dunia hiburan adalah salah satu bidang yang tentu sudah tidak asing untuk merasakan kegunaan dari teknologi VR. Teknologi VR dapat dimanfaatkan oleh para pecinta games untuk dapat bermain game dengan situasi yang nampak nyata, dan tentu itu akan semakin menghadirkan keseruan bagi para gamers. Selain game, di dunia hiburan juga teknologi VR dapat berguna untuk pengguna bisa menonton film 3 dimensi sehingga bisa terbawa dengan seolah realita dalam film yang ada.

2. Kedokteran

Bidang kedokteran juga turut merasakan kegunaan dari teknologi VR. Adanya teknologi canggih ini dokter bisa untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh. Dengan begitu, organ-organ di dalam tubuh manusia bisa nampak lebih nyata dan jelas tentunya. Sehingga juga akan bermanfaat untuk dokter bisa mengambil tindakan medis yang lebih tepat juga.

3. Militer

Pada bidang militer, virtual realitu berguna untuk membantu tentara dalam melakukan simulasi perang. Para tentara akan dapat merasakan kondisi lingkungan perang yang seolah nyata. Teknologi VR bisa menyuguhkan tampilan digital yang seolah nyata seperti lingkungan di medan pertempuran. Bahkan simulasi perang dengan memanfaatkan teknologi VR memakan biaya yang lebih murah ketimbang simulasi perang di lapangan langsung.

4. Teknik Dan Otomotif

Pada bidang teknik dan otomotif, teknologi VR bermanfaat untuk mendesain mobil dengan lebih detail. Sehingga para desainer mobil bisa menghadirkan sebuah desain yang lebih ciamik lagi tentunya.

5. Ekonomi

Teknologi virtual reality pun berguna di bidang ekonomi. Salah satunya adalah untuk mempromosikan barang display atau pajangan. Adanya inovasi untuk menghadirkan teknologi VR dalam sebuah bisnis, memungkinkan calon konsumen sebuah produk bisa mencoba produk yang dijual dengan lebih nyata. Seperti contohnya adalah produk jam tangan virtual 3 dimensi yang bsia dicoba dengan cara berdiri di depan layar, dan kamera akan merekam penampilan dan gerakan dari calon pembeli, kemudian pembeli pun bisa merasakan sensasi memakai jam tangan virtual tersebut yang akan dibeli.

6. Transportasi

Satu bidang lainnya adalah transportasi. Terlebih adalah transportasi udara. Teknologi VR berguna untuk simulsi penerbangan bagi para pilot. Adanya teknologi VR ini membuat pilot pun bisa berlatih seolah menerbangkan pesawat yang nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *