6 Langkah Mudah Dalam Menjaga Mesin Cuci Piring

Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan bagi setiap masyarakat, hal inipun tak luput dengan menjaga kebersihan dapur berserta perabotannya. Karena kebersihan sangatlah berpengaruh bagi kesehatan anggota keluarga maupun anda sendiri. Bagi anda yang menggunakan mesin cuci piring untuk membantu anda dalam membersihkan perabotan memasak anda. Adakalanya anda harus membersihkan mesin tersebut. Karena faktanya yang terdapat adalah semakin anda menggunakan alat pencuci piring tersebut dengan sering maka kemungkinan kotoran yang akan tertinggal dalam mesin tersebut juga semakin tinggi.

Langkah Menjaga Mesin Cuci Piring

Hal ini dapat menjadikan sarang penyakit bagi keluarga anda, kenapa tidak? Karena mesin yang seharusnya membantu anda dalam membersihkan perabotan rumah tangga anda kini tidak lagi membersihkan. Berikut 6 langkah mudah dalam menjaga mesin cuci piring yang anda miliki :

  1. Anda dapat memastikan terlebih dahulu bahwa mesin pencuci piring anda dalam keadaan kosong. Hal ini bertujuan untuk mempermudahkan anda dalam mengecek kondisi mesin dan membersihkannya nanti.
  2. Keluarkan rak pencuci piring anda. Hal ini untuk mempermudah anda dalam membersihkan lubang tempat keluarnya air ketika mencuci. Karena normalnya lubang ini mudah sekali kotornya karena bekas cucian seperti minyak maupun sisa makanan akan menempel di dinding lubang tersebut.
  3. Lepaslah filter air yang terdapat dalam mesin cuci piring. Anda pun perlu membersihkan filter air cucian baik menggunakan air maupun memanfaatkan kain sebagai media pembersihannya. Karena daerah dimana bekas cucian lewat haruslah dibersihkan agar kebersihan dan kehigienisan terjaga dengan baik.
  4. Andapun dapat memanfaatkan cuka dan backing soda dalam membersihkannya. Dengan cara masukan cuka kedalam dispenser mesin cuci piring dengan takaran satu liter. kemudian letakna baking soda ke pada piring, dan letakan piring tadi kedalam rak yang terdapat diatas mesin.
  5. Selanjutnya hidupkan kembali mesin cuci, hal ini berguna untuk mencampur cuka dan baking soda tadi guna membersihkan noda dan bakteri yang ada dalam mesin cuci. Karena cuka adalah bahan alami yang ampuh sebagai anti bakteri untuk peralatan dapur yang dicuci. Dan baking soda berguna untuk meluruhkan kotoran yang mengendap di sela mesin cuci yang tak dapat dijangkau keberadaannya.
  6. Kemudian yang terakhir anda dapat melakukan kembersihan dengan mengelap semua bagian dalam mesin cuci sampai bersih. Andapun dapat membersihkannya seperti ini secara berkala ketika mesin selesai dipergunakan guna kotoran yang tertinggal tidak mengendap terlalu lama.

Demikianlah 6 langkah dalam membersihkan mesin cuci piring.  Anda pun dapat mengurangi kotoran yang terdapat dalam mesin cuci piring dengan cara menggunakan sunlight baik saat mencuci pirng maupun saat membersihkan mesin tersebut. Hal ini dikarenakan sunlight memiliki kandungan jeruk nipis yang dapat menghilangan minyak dan bakteri dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *