Energi Kinetik Merupakan Energi Masa Depan Dari Sebuah Power Sollutions

Energi kinetik merupakan sebuah energi yang dihasilkan oleh sebuah benda yang mengalami pergerakan baik statis maupun pergerakan dinamis, energi ini merupakan energi masa depan yang dapat diharakpan oleh umat manusia untuk menghasilkan sebuah tenaga listrik dimasa yang akan datang. Energi ini merupakan sebuah power sollutions yang menghasilkan sebuah tenaga listrik tanpa diperlukannya bahan bahar fosil. Pemanfaatan energi ini dari waktu-kewaktu mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, contoh pemanfaatan sederhana  energi kinetik adalah penggunaan lampu pada sebuah sepeda, lampu ini akan hidup apabila katup lingkaran yang ada diatas dinamo dapat begerak ketika bersentuhan dengan ban yang ada di depan sepeda. Tidak hanya itu penggunaan energi kinetik dapat dimanfaatkan lebih besar lagi, pemanfaatan aliran air sebagai penggerak turbin di sejumlah pembangkit listrik tenaga air akan menghasilkan listrik yang begitu besar. Dengan memanfaatkan aliran air, pembangkit listrik ini tidak membutuhkan bahan bakar fosil yang dapat mencemari lingkungan.

Tidak hanya itu saja pemanfaatan gerakan kincir angin dibeberapa negara maju, mereka memanfaatkan tenaga gerak angin untuk dapat menggerakan turbin yang ada di kincir angin sehingga turbin dapat bergerak dan akan menghasilkan sebuah energi listrik yang ramah lingkungan. Biasanya kincir-kincir angin ini diletakan diberbagai tempat dengan hembusan angin yang cukup tinggi, seperti di daerah pengunungan yang tinggi, di tengah hamparan tanah yang luas maupun didaerah pantai dengan hembusan angin yang cukup kuat.

Dengan berbagai kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, pemanfaatan energi kinetik menjadi lebih maju lagi. Seperti sebuah stasiun di jepang yang memanfaatkan para penumpangnya untuk menghasilkan energi listrik, energi listrik ini dihasilkan dengan meletakan beberapa alat pijakan yang diletakan diseluruh lantai di stasiun, sehingga apabila penumpang berjalan diatasnya alat ini menghasilkan listrik yang dapat digunakan diseluruh tempat distasiun. Dengan pemanfaatan yang tepat dari energi kinetik yang merupakan sebuah power sollutions, diharapkan energi ini menjadi sebuah terobosan baru untuk menghasilkan sebuah energi listrik ramah lingkungan dimasa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *