Energy Efficiency, Solusi Masalah Listrik

Tak dapat dipungkiri listrik merupakan salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh semua orang. Penggunaan listrik terus meningkat sementara energi listrik bisa dikatakan terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut tentu kita sering mendengar istilah energy efficiency atau hemat energi. Di jaman serba teknologi ini tentunya listrik menjadi sumber energi, dapat kita lihat bahwa hampir segala aktivitas membutuhkan listrik. Dari mengecharge handphone hingga membuat nasi saja seringkali sekarang menggunakan energi listrik. Disamping itu perusahaan-perusahaan atau industri juga mengandalkan energi listrik, apalagi industri besar. Kebutuhan energi listrik yang tinggi serta kekhawatiran kehabisan sumber energi masih ditambah pula dengan isu pemanasan global dimana pemanasan global salah satunya penyebabnya adalah pengunaan energi di bumi yang tinggi atau berlebihan.

Energy efficiency adalah metode, teknik, serta prinsip-prinsip untuk memanfaatkan energi se-efisien mungkin atau dengan sebaik mungkin dan merupakan solusi yang seringkali ditawarkan untuk mengatasi masalah dan kehawatiran seperti kehabisan energi dan pemanasan global, serta usaha untuk mewujudkan penurunan energi global. Untuk mewujudkan solusi ini, semua elemen tentunya harus berpartisispasi dalam segala usaha. Baik pemerintah, industri yang menggunakan lisrik, serta masyarakat. Perlu adanya kesadaran untuk mewujudkan penghematan energi ini. Selain untuk mengurangi dampak-dampak yang tidak diinginkan dari penggunaan energi listrik yang berlebihan, penghematan terhadap listrik ini juga membawa keuntungan lain, khususnya bagi perusahaan atau industri yang sangat membutuhkan dan tergantung pada energi listrik.

Banyak perusahaan yang menggunakan energi listrik dalam kapasitas tinggi. Tentunya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan tidaklah sedikit. Inilah keuntungan dan manfaat lain dari penghematan listrik. Namun timbul pertanyaan bagaimanakan caranya menghemat energi jika kebutuhan industri memang nyatanya tinggi. Jawaban dari pertanyaan ini adalah penggunaan jasa Energy efficiency, seperti yang disediakan oleh PT. Sumberdaya Sewatama. Jasa Sewatama yang satu ini merupakan respon perusahaan terhadap peningkatan kebutuhan penggunaan energi, serta untuk mewujudkan keefektifan biaya. Sewatama telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan, bahkan Sewatama telah menjalin hubungan kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *