Energi Alternatif Untuk Bahan Bakar Kendaraan

Melihat jalan raya pada zaman sekarang ini tentu saja tidak luput diwarnai oleh kendaraan, baik kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Masalah di jalanan pun akan semakin banyak mulai dari kemacetan, polusi udara hingga kelangkaan BBM. Kita tahu bahwa di tahun 2014 ini BBM baru saja mengalami kenaikan harga hal itu dilakukan semata karena BBM sendiri jumlahnya pun semakin menipis. Padahal jumlah kendaraan di dunia bahkan di Indonesia sendiri tidak berkurang malah semakin bertambah. Lalu cara apa yang sebaiknya dilakukan? Cobalah mulai untuk mengenal energi alternatif. Sumber energi lain atau alternatif akan membantu membatasi konsumsi sumber energi yang tidak bisa diperbarui seperti minyak bumi dan batubara. Selain itu, fungsi dari energi lain atau alternatif adalah untuk mengurangi pencemaran udara yang saat ini sudah semakin memarah saja.

Apa sajakah energi selain minyak bumi dan batubara yang bisa digunakan untuk bahan bakar kendaraan? Yang pertama adalah energi gas hidrogen. Hidrogen ini memiliki potensi yang sangat luar biasa baik sumber bahan bakar. Hidrogen merupakan elemen yang paling mendominasi bumi namun kebanyakan ditemukan tercampur dengan unsur lainnya. Hidrogen yang sudah dipisahkan dengan unsur lain maka bisa digunakan untuk bahan alternatif bahan bakar kendaraan. Energi lain selanjutnya adalah energi methanol. Methanol bisa dikenal juga sebagai alkohol kayu yang bisa menjadi bahan alternatif pada kendaraan.

energi alternatif

Energi biodiesel juga merupakan energi yang cukup terkenal keberadaanya. Energi biodiesel ini adalah energi yang berasal dari tumbuhan ataupun lemak pada binatang. Biodiesel ini juga bisa mengurangi polusi udara berbeda sekali dengan minyak bumi ataupun batubara. Selanjutnya adalah energi propana. Energi alternatif propana ini merupakan produk dari pengolahan gas alam dan juga minyak mentah. Propana ini bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan yang ramah lingkungan karena ia sedikit sekali mengeluarkan unsur yang bisa mencemari udara. Tetapi, walaupun tidak menimbulkan polusi, penggunaan propana ternyata meningkatkan efek rumah kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *