Printer 3D Serat Karbon Pertama di Dunia

Printer 3D kini sudah bisa digunakan untuk mencetak berbagai benda untuk mempercepat proses pembuatan purwa rupa. Nah, kali ini ada printer 3D baru yang menggunakan bahan carbon fiber atau serat karbon. Keunggulannya ini terletak pada karakteristik serat karbon yang dikenal kuat dan ringan.

printer

Barang yang menggunakan carbon fiber bisa 20 kali lebih keras daripada benda yang berbahan plastik ABS. Untuk membuat produk yang kuat seperti itu, printer hanya memerlukan gelondongan serat karbon sebagai salah satu bahan bakunya. Contoh produk yang bisa dicetak dengan Mark One adalah mainan.

Saat dipamerkan di ajang SolidWords World 2014 di San Diego disebutkan bahwa Mark One juga dapat membuat produk yang mengandung material fiberglass, nylon, dan plastik PLA. Dengan panjang 22 inci dan lebar 13 inci, printer ini cukup kecil sehingga bisa diletakkan di samping komputer meja. Mark One dapat dipesan pada Februari 2014 dan akan mulai didistribusikan pada pertengahan tahun ini. Harga yang ditawarkan ialah US$5000 atau sekitar 60 juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *